Makna Mendalam Video Klip "Kids" Rich Brian, Seolah Memberi Balasan Kepada Para Pengkritiknya

Rapper asal Indonesia, Rich Brian baru saja merilis sebuah lagu yang berjudul "Kids" pada tanggal 17 Juli 2019, selang beberapa hari kemudian, tepatnya pada tanggal 19 Juli 2019, rapper dengan nama asli Brian Imanuel Soewarno ini merilis video klip "Kids" dari album The Sailor yang akan dirilis pada 26 Juli 2019.


Sampai dengan artikel ini dibuat, video klip yang bertema #NYALAKANIndonesia ini sudah disaksikan lebih dari 400 ribu pasang mata, dan tentunya akan terus bertambah. Lalu apa sih istimewanya video klip "Kids" ini? Kalau pada video klip "Yellow" sebelumnya ada rumah yang terbakar, mungkinkah di video klip "Kids" ini ada damkar yang datang?

Awalnya admin melihat thumbnail video klip Kids udah bisa menebak kalau Rich Brian mengambil tema "Indonesia" pada video klip lagu yang menceritakan tentang perjalanan karir dari seorang rapper asal Jakarta ini. Dan setelah ditonton sampai habis, ada rasa bangga terhadap Rich Brian karena seluruh video menampilkan "keindahan" kota Jakarta dengan makna yang dalam.

Setelah sebelumnya ia sempat dikritik oleh salah satu mantan pejabat negara. Di sini Brian ingin menunjukkan kalau kritik nggak perlu dibalas dengan kritik, direndahkan nggak perlu dibalas dengan merendahkan. Tapi apapun yang dikatakan orang, balas dengan karya! 

Lalu makna apa yang bisa kita lihat pada video klip lagu "Kids" ini?

Dikutip dari akun @maulanagituri di Twitter, ada banyak makna dan pesan yang bisa kita dapatkan pada video klip lagu Kids ini.

Dimulai dari scene pembuka, Brian ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Jakarta itu adalah kota yang besar. Di sana juga ditampilkan gerbong dan stasiun kereta terbesar yang ada di Indonesia. Brian ingin memberikan pandangan pada dunia bahwa Jakarta adalah salah satu kota yang mempunyai jaringan kereta api tersibuk di Asia Tenggara.

Pada scene berikutnya, menampilkan potret seorang ayah yang mengajak keluarganya untuk jalan-jalan di kota Jakarta dengan latar belakang jalanan yang dipenuhi dengan sepeda motor. Di sini Brian ingin menunjukkan bahwa Jakarta memiliki sepeda motor yang jumlahnya banyak banget, mungkin hampir sama dengan jumlah penduduk di Jakarta.


Di scene berikutnya ada seorang pedagang kopi keliling yang sedang mangkal menunggu pembeli. Mungkin kalau ada teman Brian yang nanya, "What is that, bruh?", Brian akan menjawab, "We called it, Starbuck keliling".

Seperti yang kita tahu, di Jakarta bahkan hampir seluruh wilayah di Indonesia banyak dijumpai pedagang kopi keliling. Di scene ini mungkin Brian ingin menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta hidup dengan kondisi Ekonomi yang beragam.

Berlanjut ke scene berikutnya, menampilkan potret dari orang-orang yang sedang berjalan kaki di trotoar. Ada yang muda dan ada juga yang tua. Di sini Brian ingin menunjukkan bahwa kota Jakarta dan Indonesia diisi dengan penuh keberagaman.

Kemudian ada scene tiga orang pelajar yang sedang menggunakan masker. Mungkin di sini Rich Brian ingin memberikan sebuah kritikan bahwa Jakarta masih diselimuti oleh polusi udara yang sangat mengkhawatirkan. Faktor-faktor yang mengakibatkan polusi udara di kota Jakarta sebagian besar berasal dari penggunaan mobil dan sepeda motor.

Hal tersebut didasari oleh perbandingan Jakarta saat hari libur panjang dan hari-hari biasa. Tapi ini adalah proses yang harus dilalui oleh generasi sekarang. Indonesia masih berada dalam bagian negara berkembang, untuk meningkatkan kesadaraan masyarakat tentang bahayanya polusi udara, diperlukan waktu yang tidak sebentar. Makanya pemerintah membangun moda transportasi masal MRT dengan harapan masyarakat bisa beralih ke transportasi umum.


Selanjutnya ada potret anak-anak muda yang sedang bermain badminton di lapangan basket. Ini jelas menunjukkan bahwa badminton atau bulu tangkis adalah "identitas" dari negara Indonesia. Selain itu, pada video klip lagu Kids ini juga menampilkan kesenian asli Jakarta, Ondel-ondel dan bela diri asli Indonesia, Pencak Silat.

Walau bagaimanapun juga, Rich Brian adalah kebanggaan dari negara Indonesia. Terlepas dari lirik lagunya yang banyak menggunakan kata-kata kasar. Tapi yang dilihat dari bangsa lain bukan itu, melainkan karya-karya yang dia buat, perjalanan karir yang dia lalui hingga bisa mencapai posisi saat ini.

Kita sebagai sesama rakyat Indonesia kenapa harus memberi "cap" negatif pada Brian? Kalau takut anak-anak kecil meniru kata-kata kasarnya, itu adalah tugas orang tua untuk memberi pelajaran. Kenapa harus Rich Brian yang dikritik dan disalahkan?

Sekian makna dari video klip Kids dari Rich Brian, semoga bisa menambah pengetahuan teman-teman tentang Rich Brian dan perjalanan karirnya dari seorang bocah komplek dengan tas abang-abang parkir, hingga bisa mendapat pujian dari orang-orang dan artis luar negeri.

Belum ada Komentar untuk "Makna Mendalam Video Klip "Kids" Rich Brian, Seolah Memberi Balasan Kepada Para Pengkritiknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel